3/8/18

Mengapa Sebuah Website Harus Responsive?

Sejalan dengan merangkak naiknya penggunaan smartphone di dunia membuat standar sebuah website yang baik juga berbuah. Desain website yag baik saat ini tidak hanya berkisar pada tampilan yang dinamis dan rapi saja, tapi halaman website juga harus mampu beadaptasi dengan baik di berbagai jenis perangkat dan resolusi yag bermacam-macam. kemampuan sebuah website dalam menyesuaikan tampilan pada segala media dan reolusi tersebut disebut sebagai Responsive.

Sebagai catatan, desain reponsive berbeda dengan salah satu alternatif kuno lain yaitu Mobile Design, Responsive hanya menggunakan satu halaman saja, namun sudah di setting sedimikan rupa sehingga mampu memperbesar&memperkecil halamanya sesuai media yang memuat, sederhanya adalah halaman yang dibuka di perangkat Dekstop ataupun Mobile adalah halaman yang sama, hanya saja tampilanya saja yang berbeda.

Nah berikut akan kami berikan beberapa poin-poin penting kenapa kompleksitas dan rumitnya proses pegembangan halaman website Responsive ternyata sepadan dengan keuntungan yang didapat oleh sang empu website.


Meningkatkan  jumlah pengunjung website dari perangkat Mobile.
Seperti yang sudah kami singgung diatas, penggunaan perangkat Mobile (Smartphone atau Tablet) sudah tak terbendung lagi dewasa ini, bahkan penggunaan perangkat mobile yang terhubung ke internet sudah bisa disejajarkan dengan pengunaan Komputer Dekstop. Jelas saja apabila sebuah website terlihat oke di Mobile (Mobile-Friendly) maka website memiliki kesempatan yang lebih utuk mendapatkan pengunjung dari perangkat Mobile.

Desain yang Responsive Menghemat Budget Pembuatan
Dahulu, sbelum fitur Responsive dikenal, developer biasanya membuat dua jenis website (dengan konten yang sama), yaitu website utama dan juga satu lagi website yang secara khusus di buat untuk perangkat Mobile Website (ingat dengan m.facebook.com?).

Namun apabila kita menggunakan fitur Responsive, biaya pembuatan website bisa sedikit ditekan karena kita hanya akan membuat satu jenis website saja, namun bisa mneyesuaikan tampilanya di Mobile Maupun dekstop secara otomatis.

Responsive Bagus untuk SEO
Beberapa dari kalian mugkin sudah tahu bahwa Google mengategorikan sebuah website itu bagus atau tidak dan pantas atau tidak di tempatkan pada posisi pertama di serach engine berdasarkan kemampuan website tersebut dalam meberikan layanan ke pengguna (dalam hal ini pengunjung website). Satu lagi, karena website reponsive memiliki URL yang sama persis di mobile maupun dekstop, maka kesempatan untuk "dikenal" oleh google-crawler lebih meyakinkan.

Pun Google sendiri sudah memberikan wangsit bagi developer untuk menggunakan desain yang reponsive.

Website terlihat lebih profesional Dengan Responsive
Persepsi positif dari klien itu hal yang esensial bagi perusahaan, begitu pula untuk sebuah website baru yang sedang gencar meraup visitor tetap sebanyak-banyaknya. Dengan website yang responsive, peluang sebuah website untuk dicintai oleh pengunjungnya lebih besar karena dirasa website tersebut mampu memberikan fasiitas yang baik kepada pengunjung. Poin ini memang terlihat subjektif, tapi website repsonsive memang lebih terlihat  "Niat" daripada yang tidak.


Penutup

membuat website yang reposnive itu memang susah dan super kompleks, dibeberapa kasus malah harus mengorbankan suatu fitur/bagian khusus dari website hanya agar bisa terlihat oke disegala medan. Namun ternyata keuntungan yang didapat dengan implementasi desain yang responsive sepadan dengan kesulitan tersebut, Website yang responsive selalu punya alasan untuk tampil ebih baik daripada yang tidak.

So sudahkah kalian menggunakan desain yang responsive di website kalian?

0 komentar